Selasa, 30 Oktober 2012

15 Pemandangan Paling Spektakuler Di Dunia


15 PEMANDANGAN PALING SPEKTAKULER DI DUNIA

Apa sih pemandangan terindah yang pernah kalian lihat? Video klip SNSD nggak termasuk lho buat kalian para cowok hehehe. Pasti banyak yang menjawab panorama terindah biasanya ada di pantai, pegunungan, atau air terjun. Apalagi kalo pas sunset atau sunrise gitu, wow dijamin tambah dramatis! Di Indonesia banyak banget pemandangan alam yang indah. Tapi kali ini aku bakal ngomongin top ten pemandangan terindah yang ada di luar negeri. Ini dia!


1. Macchu Picchu (Peru)


Tidak diketahui dengan jelas kapan kota Macchu Picchu didirikan dan kenapa kota ini tiba-tiba ditinggalkan. Kota Macchu Picchu ditemukan kembali pada tahun 1911 oleh arkeolog dari Universitas Yale dan hingga kini telah menarik jutaan pengunjung yang ingin menikmati keindahan panorama serta kekayaan sejarah peninggalan suku Inca ini.

2. Air Terjun Iguazu (Argentina – Brazil)


Air terjun raksasa ini sebenarnya bukan air terjun tunggal, namun terdiri atas beberapa air terjun. Air terjun Iguazu memiliki luas 3 kali Air Terjun Niagara dan dikenal sebagai salah satu pemandangan paling spektakuler di bumi. Air terjun ini terletak di perbatasan Brazil dan Argentina serta pernah muncul di berbagai film Hollywood, mulai dari James Bond 007: Moonraker hingga Indiana Jones: Kingdom of The Crystal Skull.

3. Grand Canyon (Amerika Serikat)


Bagi para penggemar film Hollywood pasti sudah tak asing dengan pemandangan khas Grand Canyon. Sering dianggap sebagai keajaiban alam, Grand Canyon adalah jurang-jurang yang terbentuk akibat erosi Sungai Colorado selama jutaan tahun. Wilayah ini terletak di Negara Bagian Arizona yang terkenal karena iklim keringnya yang ekstrim.

4. Air Terjun Victoria (Zimbabwe – Zambia)


Air terjun Victoria adalah air terjun raksasa yang mengalir di selatan Afrika, tepatnya di Sungai Zambesi pada perbatasan Zimbabwe dan Zambie. Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh David Livingstone pada 1885 dan diberi nama air terjun Victoria untuk menghormati ratu Inggris tersebut. Air terjun ini lebih dua kali lebih tinggi daripada Niagara, namun lebarnya hanya separuh dari Iguazu.

5. Air Terjun Niagara (Amerika Serikat)

Air terjun Niagara sebenarnya terdiri atas 3 air terjun raksasa, yaitu American Falls dan Bridal Veil Falls di sisi Amerika Serikat dan Horshoe Falls di sisi Kanada. Air terjun yang tercipta akibat glasier ini konon merupakan air terjun terderas di dunia. Popularitas Niagara sebagai salah satu tempat teromantis di dunia meningkat drastis sejak film “Niagara” yang dibintangi Maryln Monroe dirilis pada 1853. Pada 2006, air terjun ini kembali muncul di film Pirates of The Carribean: At World’s End.

6. Bagan (Myanmar)


Bagan adalah kota tua yang terletak di Mandalay, Myanmar. Kompleks ini dulunya adalah ibu kota Kerajaan Pagan yang antara abad 11-13 M membangun sekitar 20.000 kuil Hindu dan Buddha di lokasi ini. Hingga kini hanya 2.200 kuil yang bertahan. Lokasi ini sangat indah karena candi-candi yang luar biasa banyak seolah-olah menyatu dengan hutan di sekitarnya, terutama apabila disaksikan saat senja maupun fajar. Bagan kini mnjadi salah satu objek turis paling diminati di Myanmar.

7. Fjord di Preikestolen Cliff (Norwegia)


Fjord adalah istilah geologis bagi lembah sempit diapit oleh tebing curam yang terbentuk akibat akitivitas mencairnya es atau glasier. Fjord banyak terbentuk di wilayah beriklim dingin seperti Skandinavia (Eropa Utara), namun panorama fjord yang paling menakjubkan dapat disaksikan di sepanjang Norwegia, terutama di Tebing Preikestolen.

8. Sungai Li di Guilin (China)


Sungai Li merupakan salah satu sungai legendaris di Cina. Sungai ini dikenal karena keindahan bukit-bukit karst yang menjulang tinggi, terutama di daerah Guilin. Salah satu tempat terindah di Cina ini kerap dibanding-bandingkan dengan pemandangan Teluk Halong di Vietnam.

9. Milford Sound dan Mitre Peak (Selandia Baru)


Milford Sound adalah destinasi turis paling terkenal di Selandia, bahkan dijuluki sebagai keajaiban dunia ke-8 baru karena panoramanya yang menakjubkan. Milfred Sound sebenarnya adalah sebuah fjord yang terletak di Taman Nasional Fiorland di Pulau South Island. Tak jauh dari Milford Sound, terdapat Mitre Peak, yaitu sebuah gunung setinggi 1,6 km dengan pemandangan dramatis.

10. Kashmir (Pakistan)


Kashmir sering disebut sebagai “Surga yang Hilang” karena keindahan panoramanya yang luar biasa. Sayangnya salah satu tempat terindah di dunia kini dalam sengketa antara India dan Pakistan yang sudah berlangsung sejak 1947.

11. Rio de Janeiro (Brazil)


Kota Rio de Janeiro konon adalah kota yang paling banyak dikunjungi di belahan bumi selatan. Sebabnya tak lain adalah panorama pantainya yang menakjubkan, terutama batu karangnya. Apalagi ditambah ikon Patung Kristus Penebus dan karnaval yang berlangsung tiap tahun.

12. Taman Nasional Yosemite (Amerika Serikat)


Salah satu taman nasional pertama di dunia ini terkenal karena keindahan lembah dan air terjunnya.

13. Danau Jiuzhaigou (Cina)


Danau Jiuzhaigou (berarti “Danau 9 Desa”) terletak di lembah bernama sama yang kini telah menjadi Situs Warisan Dunia. Danau yang terletak di kaki gunung Himalaya dan berdekatan dengan Tibet ini terkenal karena airnya yang berwarna-warni. Warna-warna ini disebabkan karena kandungan kalsium karbonat yang menyebabkan danau ini berwarna biru, merah, dan hijau, tergantung pada kedalaman, kandungan karbonat, serta refleksi dari panorama sekitarnya.

14. Tembok Besar Cina (Cina)

Pembangunan salah satu keajaiban dunia ini dimulai sejak abad ke-5 SM dan memiliki panjang hingga 6.500 km. Tembok ini dibangun untuk melindungi Cina dari serangan kaum barbar dari utara, namun tragisnya pembangunannya diduga telah menelan nyawa 2-3 juta penduduk Cina sendiri.

15. Jembatan Golden Gate (Amerika Serikat)


Jembatan di kota San Fransisco ini menyuguhkan pemandangan spektakuler kala ditelan kabut serta saat senja hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar