Senin, 29 Oktober 2012

10 Lukisan Terindah Di Dunia


10 LUKISAN TERINDAH DI DUNIA

 Di dunia ini banyak lukisan yang menjadi mahakarya seni tak ternilai harganya. Bahkan jutaan orang rela mengantri ke museum di belahan dunia lain hanya untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri lukisan-lukisan yang cuma ada satu di dunia tersebut. Bahkan, harganya ada yang mencapai ratusan milyar! Well, inilah 10 lukisan paling terkenal sekaligus terindah di dunia :


1. Monalisa (Leonardo da Vinci)




Lukisan ini tak perlu diragukan lagi adalah lukisan paling terkenal di dunia ini. Menurut sejarawan, wanita yang berada dalam lukisan ini adalah Lisa del Giocondo, istri seorang bangsawan di Florence, Italia. Da Vinci memulai melukis Monalisa sekitar tahun 1503-1504 dan menyelesaikan sesaat sebelum kematiannya pada 1911. Lukisan yang terkenal karena senyum misteriusnya ini kini tersimpan di Museum Louvre, Paris.

2. Girl With A Pearl Earring (Johannes Vermeer)


Lukisan mahakarya pelukis Belanda ini disebut-sebut sebagai “Monalisa”-nya Belanda. Hingga kini tak jelas kapan lukisan ini dibuat dan siapa gadis yang berada dalam lukisan ini.

3. The Last Supper (Leonardo da Vinci)


Mungkin tak banyak yang tahu jika lukisan ini sebenarnya adalah mural yang dilukis di dinding Biara Santa Maria della Grazia di Milan, Italia. Kemisteriusan lukisan yang dibuat pada abad ke-15 ini menginspirasi novel Da Vinci Code.

4. Water Lilies (Claude Monet)


Lukisan “Water Lilies” atau “Nymphaea” ini sebenarnya bukan cuma satu lukisan, melainkan 250 lukisan cat minyak yang berurutan. Lokasi kolam dimana Monet menggambar salah satu mahakaryanya ini masih ada lho di kota Giverny dan masih sama plek kondisinya seperti saat Monet membuat lukisannya ini. Lukisan ini kini berada di Metropolitan Art Museum di New York.


5. The Scream (Edward Munch)



Lukisan yang menggambarkan seseorang berteriak karena perubahan cuaca di sekitarnya ini dibuat oleh pelukis asal Norwegia pada tahun 1893. Lukisan bergaya ekspresionis ini sebenarnya menggambarkan perubahan warna langit akibat letusan Gunung Krakatau di Indonesia pada 1889. Uniknya, lukisan ini pernah dicuri pada tahun 2004 dari Museum Munch dan ditemukan kembali pada tahun 2006.

6. The Starry Night (Vincent van Gogh)


Van Gogh mungkin adalah pelukis terkenal yang bernasib paling naas. Ketika hidup, hasil karyanya tak pernah dihargai, bahkan ia masuk rumah sakit jiwa dan akhirnya tewas dengan cara bunuh diri. Namun setelah kematiannya, karya-karya seninya menjadi sangat terkenal dan bernilai jutaan dolar. Lukisan ini kini tersimpan di Mueum of Modern Art di New York.

7. Persistence of Memory (Salvador Dali)


Salah satu lukisan surealis paling terkenal ini menggambarkan sebuah jam yang mencair di alam mimpi. Nggak tau kenapa, tapi kayaknya lukisan ini langsung menyentuh alam bawah sadar ya?

8. The Destruction of Sodom and Gomorah (John Martin)



Lukisan yang menggetarkan jiwa ini dibuat pada tahun 1852 dan menggambarkan kisah pemusnahan kota Sodom dan Gomorah.

9. Louis XVI and Marie Antoinette with Their Children at Versailles, October 6, 1789 (Gyula von Benczur)


Lukisan ini menggambarkan keputusasaan Raja Louis, permaisurinya Marie Antoinette, beserta seluruh keluarganya saat terjadi Revolusi Prancis. Dramatis sekali menurutku, apalagi pose cewek di samping kiri. Dalam sejarah diceritakan bahwa seluruh keluarga Louis XIV yang merupakan raja lalim itu kemudian dihukum mati, jadi lukisan ini mungkin menggambarkan rasa terguncang mereka saat mengetahui nyawa mereka akan hilang.

10. Night of Terrors (William Blake)


Lukisan ini menceritakan fenomena tindihan, dimana sesosok iblis tampak menduduki dada seorang wanita yang sedang tidur sehingga ia mengalami mimpi buruk. Gambar yang agak disturbing menurutku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar