Senin, 29 Oktober 2012

10 Jembatan Terindah di Dunia


10 JEMBATAN TERINDAH DI DUNIA

Jembatan emang memiliki fungsi yang sangat besar bagi manusia. Manusia membangun jembatan untuk menyeberangi sungai, mendaki gunung, dan melewati lembah (hehehe, jadi kayak lagunya Ninja Hattori). Selain dilihat dari segi fungsi, banyak jembatan juga mementingkan segi keindahan atau estetika. Nah, inilah daftar 10 jembatan terindah di dunia.


1. Khaju Bridge (Isfahan, Iran)


Jembatan Khaju di Isfahan dibangun sekitar abad ke-17 oleh Sultan Shah Abbas II. Jembatan ini juga berfungsi ganda sebagai bendungan untuk mengairi taman di sepanjang sungai Zayandeh. Jembatan Khaju memiliki lorong beratap yang dihiasi dengan keramik warna-warni. Pada tengah jembatan terdapat paviliun besar dimana sang raja dapat menikmati keindahan sungai di tengah kota Isfahan ini.
2. Bridge of Sighs (Venesia, Italia)


Jembatan yang melintasi Rio de Palazzo di Venesia ini memiliki kisah unik. Jembatan ini dibangun pada tahun 1600 dan berfungsi menghubungkan penjara Doge ke tempat eksekusi. Konon, para tahanan akan melalui jembatan ini dan mendapat kesempatan melihat keindahan kota Venesia untuk terakhir kalinya sebelum dieksekusi. Seringkali disini mereka mengambil napas panjang, sehingga jembatan inipun dinamai “Brigde of Sighs”. Oya, konon apabila sepasang kekasih berciuman saat gondola yang mereka naiki melewati bawah jembatan ini, maka cinta mereka akan abadi.

3. Rialto Bridge (Venesia, Italia)


Jembatan ini adalah salah satu jembatan tertua di Venesia dan berada di Grand Canal, jalan air terbesar di Venesia. Jembatan ini menghubungkan Distrik San Marco dan San Polo. Walaupun terkenal sebagai salah satu jembatan teromantis di dunia, sayangnya sama sekali tak ada yang romantis di balik sejarahnya. Jembatan ini dibangun pada tahun 1591 untuk menggantikan jembatan serupa yang terbuat dari kayu.


4. Ponte Vecchio (Florence, Italia)


Ponte Vecchio adalah jembatan yang merangkap pasar dan menjadi landmark kota Florence. Jembatan ini dibangun pada tahun 1345 dan baru diberi atap pada tahun 1565. Segera, jembatan ini menjadi tempat berdagang bagi penjual perhiasan dan batu permata. Konon, dari jembatan inilah lahir istilah “bangkrut”. Ketika pedagang tidak bisa membayar hutangnya, maka tentara akan menghancurkan meja (“banco”) tempatnya berjualan. Karena tidak memiliki meja lagi (“bancorotto”), maka iapun disebut telah bangkrut.

5. The Wind and Rain Bridge (Chenyang, Cina)


Jembatan unik ini dinamakan Jembatan Angin dan Air karena dibangun untuk melindungi siapapun yang lewat di atasnya dari dua elemen Avatar tersebut hehehe. Jembatan ini sudah berusia seabad dan dibangun sama sekali tanpa menggunakan paku.

6. Brooklyn Bridge (New York, Amerika Serikat)


Jembatan bergaya gotik ini dibangun pada tahun 1855 oleh John Roebling. Walaupun kini jembatan ini menjadi salah satu jembatan dengan lalu lintas terpadat di dunia, perlu 15 tahun bagi arsiteknya untuk meyakinkan pemerintah kota untuk menyetujui pembangunan jembatan ini.

7. London Bridge (London, Inggris)


Pembangunan jembatan yang pernah menjadi judul lagu Fergie ini dimulai sejak tahun 1886. Jembatan ini dibangun dengan gaya Victorian Gothic untuk menyesuaikan dengan Menara London di dekatnya. Bagian tengah jembatan ini dapat dibuka untuk lalu lintas kapal yang melewati Sungai Thames. Kini, jembatan ini menjadi salah satu landmark kota London.

8. Forth Bridge (Skotlandia)




Jembatan baja yang artistik ini dibuka pada tahun 1890 dan menghubungkan kota Edinburg dengan Fife. Saking bangganya rakyat Skotlandia dengan landmark mereka ini, jembatan ini sudah didaftarkan sebagai Situs Warisan Dunia.

9. Chain Bridge (Budapest, Hungaria)


Chain Bridge atau Jembatan Rantai merupakan salah satu landmark Budapest, ibu kota Hungaria. Jembatan yang dibangun pada tahun 1849 ini melintasi Sungai Danube dan menghubungkan wilayah Buda dan Pest. Tiap sisi jembatan dihiasi dengan patung singa yang gagah. Jembatan ini juga pernah muncul di video klip Katy Perry “Fireworks”.

10. Golden Gate (San Fransisco, Amerika Serikat)


Jembatan paling terkenal di dunia ini tak pelak lagi menjadi simbol kota San Fransisco yang paling dikenal. Arsiteknya, Joseph Strauss memerlukan 2 dekade untuk meyakinkan pemerintah kota San Fransisco untuk membangun jembatan ini karena saat itu pembangunan suatu jembatan yang melewati laut dianggap mustahil. Jembatan ini sengaja dicat merah agar tampak jelas saat kabut menyelimuti teluk San Fransisco. Penyelesaian jembatan ini memakan waktu 4 tahun dan biaya sebesar 27 juta dolar (sekitar 1 juta lebih murah daripada budget awalnya). Hal ini membuat sang arsitek berhak mengantungi uang sisa sebesar 1 juta dolar itu (hmmm…nice job).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar