10 JEMBATAN TERINDAH DI
DUNIA
Jembatan emang memiliki fungsi yang sangat besar bagi
manusia. Manusia membangun jembatan untuk menyeberangi sungai, mendaki gunung,
dan melewati lembah (hehehe, jadi kayak lagunya Ninja Hattori). Selain dilihat
dari segi fungsi, banyak jembatan juga mementingkan segi keindahan atau
estetika. Nah, inilah daftar 10 jembatan terindah di dunia.
Jembatan Khaju di Isfahan dibangun sekitar abad ke-17
oleh Sultan Shah Abbas II. Jembatan ini juga berfungsi ganda sebagai bendungan
untuk mengairi taman di sepanjang sungai Zayandeh. Jembatan Khaju memiliki
lorong beratap yang dihiasi dengan keramik warna-warni. Pada tengah jembatan
terdapat paviliun besar dimana sang raja dapat menikmati keindahan sungai di
tengah kota Isfahan ini.
2. Bridge of Sighs
(Venesia, Italia)
Jembatan yang melintasi Rio de Palazzo di Venesia ini
memiliki kisah unik. Jembatan ini dibangun pada tahun 1600 dan berfungsi
menghubungkan penjara Doge ke tempat eksekusi. Konon, para tahanan akan melalui
jembatan ini dan mendapat kesempatan melihat keindahan kota Venesia untuk
terakhir kalinya sebelum dieksekusi. Seringkali disini mereka mengambil napas
panjang, sehingga jembatan inipun dinamai “Brigde of Sighs”. Oya, konon apabila
sepasang kekasih berciuman saat gondola yang mereka naiki melewati bawah jembatan
ini, maka cinta mereka akan abadi.
3. Rialto Bridge (Venesia,
Italia)
Jembatan ini adalah salah satu jembatan tertua di
Venesia dan berada di Grand Canal, jalan air terbesar di Venesia. Jembatan ini
menghubungkan Distrik San Marco dan San Polo. Walaupun terkenal sebagai salah
satu jembatan teromantis di dunia, sayangnya sama sekali tak ada yang romantis
di balik sejarahnya. Jembatan ini dibangun pada tahun 1591 untuk menggantikan
jembatan serupa yang terbuat dari kayu.
4. Ponte Vecchio (Florence,
Italia)
Ponte Vecchio adalah jembatan yang merangkap pasar dan
menjadi landmark kota Florence. Jembatan ini dibangun pada tahun 1345 dan baru
diberi atap pada tahun 1565. Segera, jembatan ini menjadi tempat berdagang bagi
penjual perhiasan dan batu permata. Konon, dari jembatan inilah lahir istilah
“bangkrut”. Ketika pedagang tidak bisa membayar hutangnya, maka tentara akan
menghancurkan meja (“banco”) tempatnya berjualan. Karena tidak memiliki meja
lagi (“bancorotto”), maka iapun disebut telah bangkrut.
5. The Wind and Rain Bridge
(Chenyang, Cina)
Jembatan unik ini dinamakan Jembatan Angin dan Air
karena dibangun untuk melindungi siapapun yang lewat di atasnya dari dua elemen
Avatar tersebut hehehe. Jembatan ini sudah berusia seabad dan dibangun sama
sekali tanpa menggunakan paku.
6. Brooklyn Bridge (New
York, Amerika Serikat)
Jembatan bergaya gotik ini dibangun pada tahun 1855
oleh John Roebling. Walaupun kini jembatan ini menjadi salah satu jembatan
dengan lalu lintas terpadat di dunia, perlu 15 tahun bagi arsiteknya untuk
meyakinkan pemerintah kota untuk menyetujui pembangunan jembatan ini.
7. London Bridge (London,
Inggris)
Pembangunan jembatan yang pernah menjadi judul lagu
Fergie ini dimulai sejak tahun 1886. Jembatan ini dibangun dengan gaya
Victorian Gothic untuk menyesuaikan dengan Menara London di dekatnya. Bagian
tengah jembatan ini dapat dibuka untuk lalu lintas kapal yang melewati Sungai
Thames. Kini, jembatan ini menjadi salah satu landmark kota London.
8. Forth Bridge
(Skotlandia)
Jembatan baja yang artistik ini dibuka pada tahun 1890
dan menghubungkan kota Edinburg dengan Fife. Saking bangganya rakyat Skotlandia
dengan landmark mereka ini, jembatan ini sudah didaftarkan sebagai Situs
Warisan Dunia.
Chain Bridge atau Jembatan Rantai merupakan salah satu
landmark Budapest, ibu kota Hungaria. Jembatan yang dibangun pada tahun 1849
ini melintasi Sungai Danube dan menghubungkan wilayah Buda dan Pest. Tiap sisi
jembatan dihiasi dengan patung singa yang gagah. Jembatan ini juga pernah
muncul di video klip Katy Perry “Fireworks”.
Jembatan paling terkenal di dunia ini tak pelak lagi
menjadi simbol kota San Fransisco yang paling dikenal. Arsiteknya, Joseph
Strauss memerlukan 2 dekade untuk meyakinkan pemerintah kota San Fransisco
untuk membangun jembatan ini karena saat itu pembangunan suatu jembatan yang
melewati laut dianggap mustahil. Jembatan ini sengaja dicat merah agar tampak
jelas saat kabut menyelimuti teluk San Fransisco. Penyelesaian jembatan ini
memakan waktu 4 tahun dan biaya sebesar 27 juta dolar (sekitar 1 juta lebih
murah daripada budget awalnya). Hal ini membuat sang arsitek berhak mengantungi
uang sisa sebesar 1 juta dolar itu (hmmm…nice job).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar